Sunday, May 8, 2016

EO-LSH ARTICLES #2



SAGA CITY’S SECURITY SYSTEM

Penjelasan tentang sistem keamanan Saga City mulai dari fasilitas hingga petugas yang beroperasi.


Bagian luar Saga City dikelilingi dinding beton. Tinggi dindingnya mencapai 5 meter dengan tebal 0,5 meter. Di sisi bagian atas dinding ditempeli banyak mesin sensor.


Sensor-sensor ini berfungsi memindai apa saja yang melintas di atas dinding, dari luar kota ataupun dari dalam.

Luas jangkauan 1 buah mesin sensor (dihitung dari posisi sensor tersebut ditanam) :
- Vertikal : 100 kaki ke atas
- Horizontal : 10 kaki ke kiri, 10 kaki ke kanan

Walau luas jangkauan horizontalnya cukup jauh, tetapi sensor dipasang dengan jarak yang cukup rapat untuk menambah keakuratan data.

Susunan sensor yang ditanam membentuk dinding sinar pemindai di atas dinding beton yang mengelilingi kota (lihat area oranye). Sinar pemindai warnanya transparan dan bisa ditembus dan dilewati benda apapun. Semua benda yang melalui area sinar pemindai datanya akan masuk ke komputer markas pusat petugas keamanan kota.

Sensor juga berfungsi sebagai alarm anti demon. Jika sensor memindai demon yang melintas di area sinar pemindai, maka alarm di dalam kota akan berbunyi dan kota akan masuk ke dalam status darurat. Petugas keamanan akan langsung dikerahkan untuk memburu dan menghabisi demon tersebut. Walau begitu, ada beberapa jenis demon yang punya kemampuan untuk menghilangkan wujudnya hingga tidak terdeteksi oleh sensor.


Saga City memiliki 4 gerbang yang merupakan jalan masuk ke dalam kota, terletak di utara, timur, selatan, dan barat. Ada 2 jenis gerbang, gerbang besar yang merupakan gerbang utama lalu lintas dan gerbang kecil yang menghubungkan kota dengan area hutan.


Gerbang utama terletak di utara dan selatan kota, melintang di jalan dua arah dengan model pintu ganda.


Gerbang terbuat dari baja dengan tinggi 4,95 meter (5 cm lebih rendah dari dinding), tebal 0,3 meter, dan panjang masing-masing 6 meter dengan 1 meter bagian gerbang berada di dalam dinding. Jika gerbang kiri dan kanan disatukan, maka panjangnya yang tampak dari luar adalah 10 meter. Proses buka tutup gerbang digerakkan oleh mesin yang ditanam di dalam dinding kiri dan kanan, terpisah untuk gerbang kiri dan kanan. Mesin akan menarik gerbang ke dalam dinding untuk membukanya dan mendorong ke luar dinding untuk menutupnya. Ada 2 pos penjaga terletak di kiri dan kanan gerbang, posisinya di dalam kota. Di dalam setiap pos ada komputer yang bisa digunakan untuk mengontrol pergerakan mesin gerbang. Biasanya ditempatkan 2 orang penjaga untuk masing-masing pos dengan total 4 orang penjaga yang menjaga gerbang.


Gerbang kecil menghubungkan area hutan terletak di timur dan barat kota.


Bentuknya seperti palang portal yang dipasang di ketinggian 1,2 meter. Palang terbagi menjadi 2 bagian yaitu kiri dan kanan, bersatu saat gerbang menutup dengan panjang total sekitar 3,2 meter.

Tampak luarnya memang seperti palang portal biasa dan kelihatannya sama sekali tidak aman. Tapi sebenarnya ada fasilitas keamanan canggih yang ditanamkan pada palang portal.


Palang portal terbuat dari besi dengan tinggi 15 cm dan tebal 10 cm. Di dalamnya ditanamkan 2 jenis generator, force field generator dan laser generator. Force field generator ditanamkan di bagian atas palang, menghasilkan barrier pelindung yang tak tertembus hingga ketinggian 4 meter. Apapun yang mencoba menembus barrier tersebut bisa terpental kembali. Laser generator ditanamkan di bagian bawah palang, memiliki sensor yang mendeteksi pergerakan dan akan menembakkan laser panas yang mampu mengiris apa saja. Dengan adanya 2 generator ini, mencoba melintas di atas ataupun di bawah palang portal bukanlah ide yang bagus.

Pada ujung masing-masing palang tedapat magnet yang diperkuat dengan aliran listrik untuk menyatukan palang kiri dan kanan saat gerbang ditutup. Kedua palang yang sudah menyatu sama kuatnya dengan dinding beton. Saat gerbang dibuka, palang diangkat dan masuk ke dalam celah dinding dalam posisi vertikal dan kedua generator mati.

Buka tutup palang portal dikendalikan oleh sebuah control panel yang ada di dinding sebelah kiri.


Untuk mengaktifkan control panel diperlukan keycard yang biasanya hanya dimiliki oleh para penjaga gerbang. Keycard dimasukkan ke dalam slot yang berada di bawah numpad. Numpad berguna untuk memasukkan pin rahasia yang berkaitan dengan fungsi tertentu sistem keamanan kota. Di sebelahnya ada monitor yang akan menampilkan status gerbang juga data yang dimasukkan lewat numpad ataupun kedua tombol di bawah monitor - merah untuk menutup dan kuning untuk membuka portal.

Pada gerbang kecil terdapat pos penjaga kecil yang posisinya di bagian luar kota beberapa meter dari lokasi portal. Biasanya hanya ditempati oleh 1 orang penjaga.


Petugas keamanan di Saga City disebut Guardian atau Guard. Tugas mereka mirip seperti polisi-- mereka polisinya Saga City.


Guardian memakai seragam dengan warna didominasi hitam kelabu dengan jas panjang dan topi pet. Di bagian badan dilindungi semacam armor. Ada gadget yang terpasang di lengan kanan mereka yang memilki berfungsi sebagai radar dan alat pengirim sinyal pada markas. Mereka membawa senjata wajib berupa Eve Rifle dan senjata tambahan tergantung selera dan keahlian masing-masing penjaga.

Khusus dalam menjaga gerbang, pekerjaan Guardian dibagi menjadi beberapa shift berdasarkan waktu, gender, dan ras.

Pembagian shift berdasarkan waktu :
- Day Shift, pukul 6.00 - 18.00
- Night Shift, pukul 18.00 - 6.00

Pembagian shift berdasarkan gender :
- Male Only, hari Senin - Jumat
- Female Only, hari Sabtu - Minggu

Pembagian shift berdasarkan ras :
- Cuaca hujan, non-Okean only (Okean kembali ke dalam wujud akuatiknya jika diguyur air dalam jumlah banyak)
- Gerhana, non-Fairy only (fisik Fairy melemah saat ada gerhana)
- Libur nasional, Angel only (Angel cuma dapat shift gerbang saat petugas lain tidak ada)



TRIVIA

- Contoh demon yang mampu melewati sensor tanpa ketahuan adalah Vex (Phantom Demon) dan Rufus (Chaos Demon). Mereka juga bisa menembus force field portal.
- Mike (Werehare Demon) seharusnya terdeteksi oleh sensor, tetapi K mendesain helikopternya supaya tidak bisa dipindai oleh sensor.
- Di chapter 42, Diablo pernah mengetes sistem keamanan gerbang barat dengan melempar kerikil di atas dan di bawah portal. Dua-duanya tidak berakhir baik.
- Sensor sensitif kepada ras demon karena ras demon memancarkan energi kegelapan yang tinggi. Alasan kenapa anak buah Necro selalu sibuk dengan gerbang adalah karena kebanyakan dari mereka memiliki energi kegelapan yang tinggi walau bukan demon. Jika mereka sampai memicu alarm kota, urusannya bisa panjang.
- Time-gate fragment yang tertanam dalam tubuh Leoric membuatnya bisa menonaktifkan sementara sistem keamanan gerbang hanya dengan mendekatinya saja. Di chapter 25, dia duduk santai di atas palang portal yang force fieldnya sudah mati.



Scheme Pictures by me, flamestar12.
With Photoshop + Paint
Ane ga berbakat gambar-menggambar, mohon dimaklumi >_>

No comments:

Post a Comment